Oleh : Siti Alinda Rosmaladewe
A. Latar
Belakang
Berkat pengaruh
Helenisme (iskandar), filsafat yunani hidup terus di Siria, diperkembangkan
lebih lanjut oleh filusuf-filusuf Arab, kemudian diteruskan ke Eropa
melalui sepanyol.
a) Alkindi (800-870) satu-satunya
orang arab asli. Corak filsafatnya ialah pemikiran kembali dari ciptaan Yunani
(menterjemahkan 260 buku Yunani) dalam bentuk bebas dengan refleksinya dengan
iman islam
b) Alfarabi (872-950), filusuf muslim
dalam pangkal filsafatnya dari Plotinus.
c) Al-Ghazali (1059-1111) filusuf
besar islam yang mengarang Ihya Ulumuddin, di
Spanyol
d) Ibnu sina (avicena) (980-1037)
yang besar pengaruhnya terhadap filsafat barat, sejak usia 10 tahun sudah hafal
Al-Qur’an.
e) Ibnu Bajjah (1138), penafsiran
karya fisik dan metafisik Aristoteles.
f) Ibnu Rushd (Averros)
(1126-1198) yang disebut jiga penafsir Arostoteles dan yang sangat berpengaruh
terhadap aliran-aliran di Eropa, jiga seorang filusuf besar Muslim.
g) Avencebrol (ibnu Gabirol)
(1021-1058)
h) Main monides (moses bin maimon)
(1135-1204)
Campuran pemikiran yang terdapat pada para filsuf Islam, terkhusus
Al-Farabi, terdapat pula pada Ishaq Israeli, kemudian diikuti oleh generasi
sekolah Qairawan. Donasy Ibnu Tamin memberikan komentar terhadap bagian kitab perjalanan.
Dalam pendahuluan komentarnya, dia menyatakan, "Sesungguhnya hikmah Yahudi
klasik jika baik penafsirannya, tentu akan berakhir pada kesesuaian yang
sempurna dengan nilai-nilai yang tidak bertentangan antara ilmu dan
filsafat." Selain Ishaq Israeli, muncul pula Salomon Ibn Gabirol
(1021-1058 M) yang merupakan murid Ibnu Masrah, yaitu seorang filsuf dan sufi
Andalusia. Ibn Gabirol menuliskan sebagian aktivitas filsafatnya dalam bahasa
Arab sebagaimana kebiasaan para pemikir Arab dari kalangan Yahudi pada waktu
itu. Tidak lama setelah itu, tulisannya tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa
Ibrani dan sebagian lagi ke dalam bahasa Latin. Pemikiran Ibn Gabirol ini
meninggalkan pengaruh pada pemikiran orang-orang Kristen. Di antara karyanya
yang terkenal adalah kitab Yanbû‘ Al-Hayâh yang menjelaskan
adanya pengaruh Neo Platonisme dalam pemikirannya. Tulisan-tulisannya memiliki
ciri khusus, yaitu tidak menunjuk pada ajaran Yahudi dan Perjanjian Lama.
Tulisan-tulisannya juga mengambil tema-tema filsafat yang berkaitan dengan
karakter manusia dalam kebiasaannya. Oleh karena itu, sebagian tulisannya
mencerminkan plagiatisasi dari kitab-kitab kaum Muslimin.[1]
B. Rumusan Masalah
Dalam makalah ini, kami akan mencoba memaparkan sedikit
banyak tentang filsuf Spanyol Avencebrol dengan karyanya dalam menjawab
soal-soal sebagai berikut:
1. Bagaimana kondisi awal Negara Eropa seperti Spanyol?
2. Bagaimana sejarah awal Islam masuk ke Negara Spanyol?.
3. Bagaimana perkembangan filsuf SpanyolAvencebrol dengan karyanya?
C.
Tujuan
Setelah membaca makalah ini, diharapkan pembaca dapat
mengambil pelajaran dari sejarah awal Negara Eropa dan adanya filsuf Spanyol
Avencebrol dengan karyanya:
1. Kondisi Negara Eropah sesudah belajar Islam.
2. Pengetahuannya dan karya tulisnya.
3. Puisi dan Pemikirannya Ibnu Gabirol .
BAB
II
SEJARAH
AWAL
A. Islam
di Eropa
Di Eropah, banyak negara di sana mencatatkan Islam sebagai agama paling
besar selepas agama Kristian, termasuklah di Itali, Sweden, Perancis dan
Jerman. Sementara itu, di sebelah timur Eropah terutamanya Bosnia, Albania,
Republik Macedonia, Bulgaria dan Ukraine, komuniti-komuniti penduduk Islam
berkulit putih sudah sejak berkurun-kurun lamanya dan selepas mendapat tantangan
semasa zaman komunisme, sekarang sudah kembali aktif dalam menghidupkan Islam.
B. Eropah belajar dari Islam
Kawasan Islam
yang dekat dengan Eropah ialah Sepanyol. Di sini
perkembangan intelek juga berlaku dengan pesat. Philip K Hitti dalam bukunya
"Orang Arab: Sejarah Ringkas" (The Arabs: A Short History)
menukilkan seperti berikut:
"Orang Islam
Sepanyol mengarang salah satu dari pada bab-bab yang gemilang dalam sejarah
intelek pada Zaman Pertengahan Eropah. Di antara pertengahan abad ke-8 dan permulaan abad ke-13, orang Arab
merupakan pemimpin utama dalam budaya dan peradaban di seluruh dunia. Kedua-dua
bidang ini merupakan perantara untuk memulih, menambah dan menyebar sains dan
falsafah kuno yang telah memungkinkan pembaharuan di Eropah Barat." (h
174-175).
Bagi memenuhi
kehendak baru masyarakat intelek Eropah ini, usaha terjemahan telah dibuat
terhadap bahan-bahan ilmiah dari negara-negara Islam. Mereka tidak menterjemah
bahan-bahan ilmiah itu daripada bahasa Yunani. Charles
Singer, dalam bukunya, "Sejarah Ringkas Gagasan-gagasan Sains Sehingga
1900" (A Short History of Scientific Ideas to 1900) menyenaraikan
tujuh alasan mengapa tindakan terjemahan lebih banyak buku berbahasa Arab. (h 175-176):
- Sebelum lebih kurang tahun 1200, ilmu-ilmu Islam lebih teratur, lebih asli, lebih penting berbanding ilmu-ilmu Rom Timur.
- Bahasa Yunani Rom Timur jauh sekali daripada bahasa klasik. Bahasa yang digunakan oleh Aristotle sukar difahami oleh rahib-rahib yang menjaga manuskrip-manuskripnya. Tetapi bahasa Arab klasik pula mudah difahami oleh setiap orang berpendidikan tinggi yang bertutur dan menulis bahasa Arab.
- Keseluruhan kecenderungan ilmu Rom Timur mengarah kepada teologi falsafah dan ilmu sains.
- Saluran-saluran perniagaan dengan Barat sama ada secara langsung dengan Islam ataupun melalui wilayah-wilayah asing terkepung di dalam Empayar Rom Timur.
- Dalam zaman pertengahan, bahasa dipelajari secara bertutur dan bukunya daripada tatabahasa Yunani.
- Kuasa Kristian Latin tidak mencapai kemajuan di dalam kedudukan Wilayah Rom Timur. Di pihak lain pula, Islam sedang berundur di Barat.
- Bantuan daripada orang Yahudi diperolehi untuk bahasa Arab, tetapi jarang sekali untuk bahasa Yunani.
Kemunculan
Universiti Paris sebagai pusat pembelajaran adalah antara sebab penting ke arah
perkembangan bidang falsafah dalam abad ke-13. Usaha-usaha
mempelajari falsafah Aristoteles serta sejarah besar alasan-alasan teks yang
dibuat oleh orang-orang Islam dari Baghdad dan Sepanyol dalam bidang-bidang epistemologi, metafizik dan
etika berdasarkan pemikiran al-Farabi,Ibnu Gabirol, Ibnu Sina dan Ibnu Rusyd
telah berlaku.
C. Biografi,
Ibnu Gabirol (Avencebrol) 1021-1058
Dia adalah penyair
Ibrani besar dan filsuf yang lahir di Malaga, Spanyol, sekitar tahun 1021-1058, dan meninggal di Valencia, Spanyol, pada usia 36 atau 37. Hidup selama puncak pemerintahan Arab di selatan Spanyol, Avencebrol, juga
dikenal sebagai Avicebron, dan dalam bahasa Arab sebagai Salomo Ibnu Gabirol. Meskipun hidupnya sangat pendek, Ibnu Gabirol memenangkan ketenaran besar selama
masa hidupnya, dan bahkan karya tulisnya
lebih dikenal secara luas setelah kematiannya. Ayahnya Yehud, adalah penduduk asli kota
Cordova yang terkenal
karena intelektualnya dan kaya, hidup selama abad kesebelas. Sekitar sepuluh tahun sebelum kelahiran
Salomo, ketika perang di bagian semenanjung Spanyol, ayahnya pindah ke
Saragossa, saat itu di bawah dominasi Arab. Kemudian mereka
pindah ke Malaga, di mana Salomo dilahirkan.
Kehilangan orang tuanya pada usia dini, Salomo
tetap melanjutkan studinya dari Talmud, di mana ia menemukan pelipur lara
satu-satunya. Ibnu Gabirol adalah seorang sarjana muda yang bersemangat dan menjadi sangat mahir dalam bahasa Ibrani serta bahasa Arab dan
tata bahasa. Dia juga belajar astronomi, geometri, dan filsafat. Ibnu Gabirol
mulai menulis puisi Ibrani ketika ia masih sangat muda pada usia 16 ia menulis
sebuah puisi awal yang terkenal.
Kehidupan Ibnu Gabirol itu tidak sangat
bahagia, karena ia adalah seorang pemuda kesepian dengan jiwa sensitif. Dia
tidak ragu untuk menggunakan karunia puitisnya dalam mengecam kurangnya rasa
Yahudi kepada beberapa anggota terkemuka dari komunitasnya. Sebagai akibat dari
hal ini, ia memperoleh banyak musuh yang membuat kehidupan di Saragossa
menyedihkan baginya. Akhirnya, Ibnu Gabirol dibuang dari kota kelahirannya dan
menghabiskan beberapa tahun sebagai seorang pengembara malang, menderita banyak
kesulitan. Tidak heran ada sentuhan kepahitan dalam puisi-puisinya, namun hal
ini sering digabungkan dengan rasa humor.
Cara kematian Ibnu Gabirol ini yang diselimuti
misteri. Legenda mengatakan bahwa ia diinjak-injak sampai mati oleh seorang
penunggang kuda Arab, banyak cara yang sama bahwa Rabbi Yehuda Halevi
kehilangan nyawanya.
D.
Karya Tulisnya
Avencebrol berkembang mewakili kehidupan intelektual Yahudi di Andalusia di
bawah pemerintahan kekhalifahan Umayyah. Banyak dari karyanya ditulis dalam
bahasa Arab, dan banyak ide-ide dan gaya puitisnya yang
mencerminkan komponen intelektual. Kehidupan Avencebrol yang dapat diketahui sangat sedikit, dari puisinya dapat
menyimpulkan bahwa ia menjadi yatim piatu saat
usia muda. Dalam
puisinya ia menggambarkan dirinya sebagai "kecil, jelek, dan sakit-sakitan,
dan disposisi menyenangkan". Setelah menulis lebih dari dua puluh buku,
hanya dua karya yang masih ada: Mekor Hayyim (Fountain of Life) dan Tikkun
Middot ha-nefesh (Di Peningkatan Kualitas Moral). Pada usia 19, ia
menulis didaktik besarnya Anak puisi, sebuah 400-ayat ringkasan tata bahasa Ibrani. Beberapa karya lain telah dikaitkan
dengan dia selama bertahun-tahun, tetapi dengan
sedikit bukti. Misalnya risalah Mibhar Peninim (Choice Mutiara) adalah kumpulan
dari moralitas praktis terdiri dari 610 peribahasa, maksim, dan perumpamaan,
tetapi tidak ada bukti yang cukup untuk menentukan apakah Avencebrol sebenarnya
terdiri pekerjaan.
Dua risalah filosofis lain yang disebutkan
oleh dia di Mekor Hayyim, yang masih tidak ada dan tidak jelas apakah
karya-karyanya benar-benar ada. Banyak ratusan puisi Avencebrol yang telah tersebar di seluruh corpus liturgi dan sastra
Yahudi dan belum sepenuhnya dikumpulkan. Edisi yang
relatif baru (Jarden 1.971-3 dan 1.975-6)
mengandung beberapa volume puisi Avencebrol itu. Puisi jatuh ke dalam dua buku, mungkin istilah genre sekuler dan filosofis. Output sekuler adalah salah satu upaya pertama dalam literatur Ibrani untuk menulis murni nonreligius puisi, tidak berhubungan dengan Kitab Suci atau tema liturgi.
mengandung beberapa volume puisi Avencebrol itu. Puisi jatuh ke dalam dua buku, mungkin istilah genre sekuler dan filosofis. Output sekuler adalah salah satu upaya pertama dalam literatur Ibrani untuk menulis murni nonreligius puisi, tidak berhubungan dengan Kitab Suci atau tema liturgi.
E. Tentang Puisi dan pemikirannya
Bahasa Ibrani yang luar biasa, seperti yang tercermin dalam puisi Anak.
Selain itu, ia menulis banyak elegi, puisi cinta, dan panegyrics.
Namun, kontribusi besar sastra terdiri
dari apa yang kita mungkin istilah nya "hikmat puisi." Di sini karyanya yang paling jelas mencakup antarmuka antara puisi dan filsafat. Dalam puisi Avencebrol terobsesi dengan pencarian untuk pengetahuan, pendakian, dan penemuan kembali kebijaksanaan. Motif yang mendasari puisi-puisi, tercermin dalam karya filosofisnya juga, adalah bahwa kita tinggal di bumi ini hanyalah sementara, dan tujuan itu adalah untuk memperoleh pengetahuan dan kebahagiaan tertinggi. The mistis tersembunyi jauh mirip dengan puisi Sufi, serta tema dalam literatur sebelumnya kabalistik. Contoh paling terkenal dan paling elegan puisi filosofis Avencebrol adalah karya Keter Malkhut, sebuah karya yang sampai hari ini membentuk teks untuk Hari Yahudi Penebusan layanan. Ini terdiri dari empat puluh lagu panjang tidak sama, dan dibagi menjadi tiga bagian. Lagu sembilan di bagian pertama ini sangat penting dalam hal itu mencerminkan beberapa motif ditemukan di Mekor Hayyim. Bagian Dua puisi adalah kosmologis di alam, dan menggambarkan sublunar elemen, tahta kemuliaan, malaikat, dan keberadaan jasmani manusia. Untuk ini kosmologi Avencebrol beralih ke karya Surat-surat dari Ikhwan al-Safa (Rasa ¯ il ikhwa ¯ n sebagai safa-¯ '), dan karya-karya astronomi dari Al-Fargha ¯ ni. Dia menggabungkan dasar unsur Hypotheses Ptolemy Planetary: serangkaian bola konsentris mengelilingi bumi, dengan lima planet, bulan dan matahari, zodiak, dan bola diurnal kesembilan yang mengajarkan gerakan untuk semua bidang lainnya. Di Cento X bumi digambarkan sebagai sebuah bola dengan bulan dan empat elemen yang mengitarinya. Bulan menggairahkan peristiwa baru di dunia kita setiap bulan, namun Avencebrol memperingatkan bahwa "Selalu Pencipta sendiri akan (Ratzon ha-Bore ') dia mengindahkan," mencatat bahwa pengaruh astrologi tunduk pada kehendak ilahi. Setelah menjelaskan Jupiter, Mars,
dan Saturnus, ia berubah menjadi zodiak, tanda-tanda yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi peristiwa sublunar. Avencebrol menekankan bahwa di semua bagian pengaruh yang mengalir melalui planet ke ranah sublunar melakukannya pada kehendak Pencipta mereka, motif yang akan muncul kembali di Mekor Hayyim. yang terutama sebuah risalah pada moralitas praktis, kualitas dan cacat jiwa yang dijelaskan, dengan penekanan khusus pada doktrin mean Aristotelian. Ini berarti didukung oleh referensi Alkitab, serta oleh kutipan dari filsuf Yunani dan Arab penyair.
dari apa yang kita mungkin istilah nya "hikmat puisi." Di sini karyanya yang paling jelas mencakup antarmuka antara puisi dan filsafat. Dalam puisi Avencebrol terobsesi dengan pencarian untuk pengetahuan, pendakian, dan penemuan kembali kebijaksanaan. Motif yang mendasari puisi-puisi, tercermin dalam karya filosofisnya juga, adalah bahwa kita tinggal di bumi ini hanyalah sementara, dan tujuan itu adalah untuk memperoleh pengetahuan dan kebahagiaan tertinggi. The mistis tersembunyi jauh mirip dengan puisi Sufi, serta tema dalam literatur sebelumnya kabalistik. Contoh paling terkenal dan paling elegan puisi filosofis Avencebrol adalah karya Keter Malkhut, sebuah karya yang sampai hari ini membentuk teks untuk Hari Yahudi Penebusan layanan. Ini terdiri dari empat puluh lagu panjang tidak sama, dan dibagi menjadi tiga bagian. Lagu sembilan di bagian pertama ini sangat penting dalam hal itu mencerminkan beberapa motif ditemukan di Mekor Hayyim. Bagian Dua puisi adalah kosmologis di alam, dan menggambarkan sublunar elemen, tahta kemuliaan, malaikat, dan keberadaan jasmani manusia. Untuk ini kosmologi Avencebrol beralih ke karya Surat-surat dari Ikhwan al-Safa (Rasa ¯ il ikhwa ¯ n sebagai safa-¯ '), dan karya-karya astronomi dari Al-Fargha ¯ ni. Dia menggabungkan dasar unsur Hypotheses Ptolemy Planetary: serangkaian bola konsentris mengelilingi bumi, dengan lima planet, bulan dan matahari, zodiak, dan bola diurnal kesembilan yang mengajarkan gerakan untuk semua bidang lainnya. Di Cento X bumi digambarkan sebagai sebuah bola dengan bulan dan empat elemen yang mengitarinya. Bulan menggairahkan peristiwa baru di dunia kita setiap bulan, namun Avencebrol memperingatkan bahwa "Selalu Pencipta sendiri akan (Ratzon ha-Bore ') dia mengindahkan," mencatat bahwa pengaruh astrologi tunduk pada kehendak ilahi. Setelah menjelaskan Jupiter, Mars,
dan Saturnus, ia berubah menjadi zodiak, tanda-tanda yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi peristiwa sublunar. Avencebrol menekankan bahwa di semua bagian pengaruh yang mengalir melalui planet ke ranah sublunar melakukannya pada kehendak Pencipta mereka, motif yang akan muncul kembali di Mekor Hayyim. yang terutama sebuah risalah pada moralitas praktis, kualitas dan cacat jiwa yang dijelaskan, dengan penekanan khusus pada doktrin mean Aristotelian. Ini berarti didukung oleh referensi Alkitab, serta oleh kutipan dari filsuf Yunani dan Arab penyair.
Salah satu unsur asli dalam pekerjaan ini
adalah koneksi Avencebrol ini antara moral dan fisiologis makeup dari manusia. Artinya, masing-masing dua puluh
sifat-sifat pribadi yang berkorelasi ke salah satu panca indera. Oleh karena itu
tubuh serta jiwa harus berpartisipasi dalam seseorang aspirasi menuju kebahagiaan. Akibatnya, Avencebrol delineates paralel
lengkap antara mikrokosmos yang diwakili oleh manusia dan
makrokosmos yang alam semesta.
Ini kontras antara mikrokosmos dan makrokosmos
menemukan ekspresi penuh dalam Avencebrol karya paling komprehensif filosofis, Mekor Hayyim (Fountain of
Life). Teks ini memiliki sejarah kotak-kotak. Karya asli ditulis dalam bahasa Arab,
dan memiliki sampai kepada kita dalam terjemahan Latin dari abad kedua belas yang dibuat
oleh John dari Spanyol, di kolaborasi dengan Dominicus Gundissalinus. Ekstrak Ibrani
disusun dalam tiga belas abad oleh filsuf Shem Tov ben Josef ibn Falaquera, dan
kemudian kemudian
diterjemahkan ke dalam bahasa Latin dengan nama penulis dari 'Avicebrol' atau 'Avicebron'. Meskipun abad pertengahan Ibrani penulis akrab dengan filosofi Avencebrol itu, skolastik Latin membaca vitae Fons, seperti yang telah menjadi dikenal dengan abad ketiga belas, tidak terhubung karya penulis Spanyol Yahudi mereka. Pada tahun 1857, seorang sarjana Perancis bernama S. Munk diedit dan diterjemahkan dalam bahasa Ibrani ekstrak sekali lagi. Itu ketika membandingkan edisi dalam Falaquera dan Albertus Magnus bahwa Munk mencatat bahwa 'Avicebron' kala sebutan, 'Avencebrol', dan 'Avicebrol' sebenarnya mengacu pada Yahudi Salomo penyair besar Ibn Gabirol. Munk sehingga dia diperkenalkan kembali kepada khalayak abad kesembilan belas. Banyak sarjana telah disebutkan kurangnya konten Yahudi di Mekor Hayyim: seperti Puisi Avencebrol itu, karya ini mengandung hampir tidak ada referensi ke teks Yahudi lainnya, ide-ide, atau sumber. Karya lain yang relevan adalah Kitab Lima Zat, tetapi dikaitkan dengan Empedocles ditulis pada abad kesembilan dalam bahasa Arab dan diterjemahkan ke dalam bahasa Ibrani di keempat belas dan kelima belas berabad-abad. Ini karya pseudo-Empedoclean sangat dipengaruhi Avencebrol, terutama dalam penempatan nya "masalah spiritual" sebagai yang pertama dari lima zat. Bentuk Mekor Hayyim (MH), sebuah dialog antara seorang guru dan muridnya, mencerminkan gaya populer dalam literatur filsafat Arab periode. Namun, tidak seperti Platonis dialog di mana siswa memberikan kontribusi bagi integritas filosofis argumen, Pemain Avencebrol yang berfungsi terutama sebagai lawan bicara tanpa banyak sastra filsafat menggigit. Pekerjaan terdiri dari lima buku panjang yang tidak sama, yang ketiga adalah yang paling komprehensif (lebih dari 300 halaman dalam edisi Latin). Sebuah ringkasan singkat dari pekerjaan ini adalah diberikan oleh Avencebrol sendiri dalam pengantar: Sejauh yang kita mengusulkan untuk mempelajari masalah universal dan bentuk universal, kita harus menjelaskan bahwa apapun terdiri dari materi dan bentuk terdiri dari dua elemen: terdiri korporeal substansi dan substansi spiritual yang sederhana. Lebih lanjut membagi menjadi dua mantan: materi korporeal yang mendasari bentuk kualitas, dan materi spiritual yang mendasari bentuk berwujud.
diterjemahkan ke dalam bahasa Latin dengan nama penulis dari 'Avicebrol' atau 'Avicebron'. Meskipun abad pertengahan Ibrani penulis akrab dengan filosofi Avencebrol itu, skolastik Latin membaca vitae Fons, seperti yang telah menjadi dikenal dengan abad ketiga belas, tidak terhubung karya penulis Spanyol Yahudi mereka. Pada tahun 1857, seorang sarjana Perancis bernama S. Munk diedit dan diterjemahkan dalam bahasa Ibrani ekstrak sekali lagi. Itu ketika membandingkan edisi dalam Falaquera dan Albertus Magnus bahwa Munk mencatat bahwa 'Avicebron' kala sebutan, 'Avencebrol', dan 'Avicebrol' sebenarnya mengacu pada Yahudi Salomo penyair besar Ibn Gabirol. Munk sehingga dia diperkenalkan kembali kepada khalayak abad kesembilan belas. Banyak sarjana telah disebutkan kurangnya konten Yahudi di Mekor Hayyim: seperti Puisi Avencebrol itu, karya ini mengandung hampir tidak ada referensi ke teks Yahudi lainnya, ide-ide, atau sumber. Karya lain yang relevan adalah Kitab Lima Zat, tetapi dikaitkan dengan Empedocles ditulis pada abad kesembilan dalam bahasa Arab dan diterjemahkan ke dalam bahasa Ibrani di keempat belas dan kelima belas berabad-abad. Ini karya pseudo-Empedoclean sangat dipengaruhi Avencebrol, terutama dalam penempatan nya "masalah spiritual" sebagai yang pertama dari lima zat. Bentuk Mekor Hayyim (MH), sebuah dialog antara seorang guru dan muridnya, mencerminkan gaya populer dalam literatur filsafat Arab periode. Namun, tidak seperti Platonis dialog di mana siswa memberikan kontribusi bagi integritas filosofis argumen, Pemain Avencebrol yang berfungsi terutama sebagai lawan bicara tanpa banyak sastra filsafat menggigit. Pekerjaan terdiri dari lima buku panjang yang tidak sama, yang ketiga adalah yang paling komprehensif (lebih dari 300 halaman dalam edisi Latin). Sebuah ringkasan singkat dari pekerjaan ini adalah diberikan oleh Avencebrol sendiri dalam pengantar: Sejauh yang kita mengusulkan untuk mempelajari masalah universal dan bentuk universal, kita harus menjelaskan bahwa apapun terdiri dari materi dan bentuk terdiri dari dua elemen: terdiri korporeal substansi dan substansi spiritual yang sederhana. Lebih lanjut membagi menjadi dua mantan: materi korporeal yang mendasari bentuk kualitas, dan materi spiritual yang mendasari bentuk berwujud.
. . . Dan sehingga dalam risalah pertama kita harus
memperlakukan hal yang universal dan bentuk universal, di kedua kita akan memperlakukan hal spiritual. Ini akan memerlukan risalah
berikutnya juga. Dalam ketiga kami harus memperlakukan realitas zat sederhana,
dalam keempat, pencarian pengetahuan materi dan bentuk zat sederhana, dan dalam hal universal yang kelima dan bentuk
dalam dan dari diri mereka sendiri. (MH I. 1)
Kontribusi Avencebrol yang paling kreatif dan berpengaruh
di Mekor Hayyim adalah hylomorphic nya konsepsi materi. Tujuannya adalah untuk menunjukkan
bahwa semua zat di dunia, baik spiritual dan jasmani, yang terdiri dari
materi dan bentuk. Tidak seperti Aristoteles, ia postulat adanya masalah spiritual, yang mendasari substansi inkorporeal. Bahkan
intelek, jiwa, dan malaikat yang terdiri dari materi
dan bentuk. Jenis materi yang diperintahkan dalam hirarki yang sesuai dengan
kriteria kesederhanaan: masalah spiritual umum, materi korporeal umum, materi
angkasa umum, materi alami umumnya, dan khususnya hal alami.
Soal pribadi dikaitkan dengan masalah utama,
yang terletak di pinggiran hirarki, sehingga epitomizing batas yang sangat menjadi (MH 5. 4). Setiap tingkatan
materi kasar ontologis dari pendahulunya. Bagaimana bentuk dan materi saling terkait?
Ambivalensi Avencebrol ini tercermin dalam dua alternatif tanggapan. Di satu
sisi ia berpendapat bahwa bentuk dan materi yang saling interdefined dan dibedakan hanya berdasarkan perspektif kita dari mereka pada waktu
tertentu, oleh karenanya keduanya aspek substansi sederhana. Di sisi
lain, dia menekankan lengkap pertentangan antara materi dan bentuk,
menunjukkan bahwa masing-masing memiliki saling eksklusif sifat yang membuat pengurangan dari satu ke lain mustahil (MH 4. 2).
Avencebrol menimbulkan masalah keterbagian tak
terbatas materi dan substansi dalam risalahdua Mekor Hayyim, dalam konteks
bekerja ontologi nya materi dan bentuk.
Meskipun ia tidak menyebut nama Zeno, analisisnya berkaitan dengan keterbagian akhir
bagian dari substansi dan mencerminkan isu yang diangkat oleh paradoks Zeno tentang gerak.
Meskipun ia tidak menyebut nama Zeno, analisisnya berkaitan dengan keterbagian akhir
bagian dari substansi dan mencerminkan isu yang diangkat oleh paradoks Zeno tentang gerak.
Setelah baru saja dipertahankan bahwa setiap
komposit substansi terdiri dari bahwa yang disatukan, Avencebrol bertanya apakah bagian dari substansi yang dibagi
atau dipisahkan. Dalam mengajukan pertanyaan ini, ia
mencerminkan kepedulian ¯ Mutakallimu Islam yang berpendapat untuk keutuhan
akhir materi. Tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa kuantitas hanya ada dengan substansi. Pernyataannya adalah bahwa perpanjangan dan
terpisahkan berkaitan dengan dua macam menjadi: mantan dikaitkan dengan materi,
dan yang terakhir dengan semangat. Tidak mungkin untuk mengurangi satu ke yang lainnya. Maka hal tidak bisa terdiri dari terpisahkan, atom tak terbatas (minimae partes). Sejauh setiap terpisahkan Unit harus bersifat spiritual, begitu kita mulai berbicara tentang masalah spiritual, kita meninggalkan masalah kuantitas dan balik materi. Avencebrol karena membayangkan kemungkinan bahwa semua dari dunia mungkin ada di titik dan ekstensi yang tidak penting untuk peduli. Setelah melihat bahwa materi adalah tak terhingga dibagi, mari kita beralih ke argumen Avencebrol untuk keterbagian bentuk. Dia dengan jelas menegaskan bahwa kedua keterbatasan dan dibagi-berkaitan untuk membentuk juga. Formulir adalah prinsip keterbagian juga. Jelas, apa yang membedakan keterbatasan yang baik materi dan bentuk adalah kenyataan bahwa mereka saling bergantung: dalam konteks ini keterbatasan menandakan tidak begitu banyak rasa keterbatasan spasial sebagai ketergantungan ontologis. Setelah ditandai keterbatasan materi dan bentuk, kita sekarang dalam posisi untuk mengkarakterisasi lebih lengkap gagasan tak terhingga yang digunakan oleh Avencebrol untuk menggambarkan Tuhan. Dengan tak terbatas dalam kualitatif, atau substantif, akal, ia berarti badan benar-benar independen yang ada, salah satu yang tidak memerlukan dukungan ontologis. Makhluk yang tak terbatas memiliki ada bentuk (4. 6), tidak dibagi (3. 3) dan tidak dapat berubah (3. 6). Yang cukup menarik, Avencebrol mengatakan sedikit tentang infinity itu sendiri, melainkan mencurahkan jauh lebih banyak waktu untuk kehendak ilahi, yang berada dalam lingkup perantara antara keterbatasan dan tak terhingga: yang terbatas dan tak terbatas berpotongan dalam kehendak. Pada bagian III ia menawarkan lima puluh enam argumen untuk menunjukkan keberadaan zat perantara antara Allah dan substansi. Berbicara dari substansi dipahami, murid bertanya, "Katakan padaku apakah bentuk zat-zat yang terbatas atau tak terbatas, jika mereka terbatas, bagaimana mereka dapat memiliki wujud dari kekuatan tak terbatas; jika mereka tak terbatas, bagaimana sesuatu yang terbatas dalam bertindak dapat mengeluarkan dari mereka "(MH 4. 20).
terpisahkan berkaitan dengan dua macam menjadi: mantan dikaitkan dengan materi,
dan yang terakhir dengan semangat. Tidak mungkin untuk mengurangi satu ke yang lainnya. Maka hal tidak bisa terdiri dari terpisahkan, atom tak terbatas (minimae partes). Sejauh setiap terpisahkan Unit harus bersifat spiritual, begitu kita mulai berbicara tentang masalah spiritual, kita meninggalkan masalah kuantitas dan balik materi. Avencebrol karena membayangkan kemungkinan bahwa semua dari dunia mungkin ada di titik dan ekstensi yang tidak penting untuk peduli. Setelah melihat bahwa materi adalah tak terhingga dibagi, mari kita beralih ke argumen Avencebrol untuk keterbagian bentuk. Dia dengan jelas menegaskan bahwa kedua keterbatasan dan dibagi-berkaitan untuk membentuk juga. Formulir adalah prinsip keterbagian juga. Jelas, apa yang membedakan keterbatasan yang baik materi dan bentuk adalah kenyataan bahwa mereka saling bergantung: dalam konteks ini keterbatasan menandakan tidak begitu banyak rasa keterbatasan spasial sebagai ketergantungan ontologis. Setelah ditandai keterbatasan materi dan bentuk, kita sekarang dalam posisi untuk mengkarakterisasi lebih lengkap gagasan tak terhingga yang digunakan oleh Avencebrol untuk menggambarkan Tuhan. Dengan tak terbatas dalam kualitatif, atau substantif, akal, ia berarti badan benar-benar independen yang ada, salah satu yang tidak memerlukan dukungan ontologis. Makhluk yang tak terbatas memiliki ada bentuk (4. 6), tidak dibagi (3. 3) dan tidak dapat berubah (3. 6). Yang cukup menarik, Avencebrol mengatakan sedikit tentang infinity itu sendiri, melainkan mencurahkan jauh lebih banyak waktu untuk kehendak ilahi, yang berada dalam lingkup perantara antara keterbatasan dan tak terhingga: yang terbatas dan tak terbatas berpotongan dalam kehendak. Pada bagian III ia menawarkan lima puluh enam argumen untuk menunjukkan keberadaan zat perantara antara Allah dan substansi. Berbicara dari substansi dipahami, murid bertanya, "Katakan padaku apakah bentuk zat-zat yang terbatas atau tak terbatas, jika mereka terbatas, bagaimana mereka dapat memiliki wujud dari kekuatan tak terbatas; jika mereka tak terbatas, bagaimana sesuatu yang terbatas dalam bertindak dapat mengeluarkan dari mereka "(MH 4. 20).
Respon Avencebrol mensyaratkan menyelaraskan
bentuk dengan kehendak kreatif: dalam dan dari dirinya sendiri, bentuk adalah identik dengan kehendak. Hanya ketika memasuki ke dalam tindakan kreatif
dengan hal tersebut menjadi terbatas. Dengan kata lain, baik bentuk dan
kehendak, artinya kekuatan yang menghasilkan zat ini, adalah terbatas
berdasarkan efeknya dan tak terbatas berdasarkan esensi mereka. Tapi akantidak
terbatas berdasarkan efeknya kecuali bila "tindakan memiliki awal dan
begitu mengikuti akan, dan itu terbatas berdasarkan esensinya untuk itu tidak
memiliki awal. Dan terbalik, kita katakan dari substansi dimengerti bahwa
ia memiliki awal karena disebabkan, dan bahwa ia memilik ada akhir untuk itu sederhana dan tidak temporal "(MH 3. 57). Oleh
karena itu proses penciptaan terlihat sebagai proyeksi bentuk yang tak terbatas pada
materi yang terbatas, dan retensi pada bagian materi dari bagian dari bentuk yang tak terbatas. Secara teoritis, adalah bentuk
mampu eksis secara independen dari materi, itu akan terbatas dan tidak terbatas. Sebuah pertanyaan yang lebih menarik
menyangkut keterbatasan tersebut materi: jika materi mampu eksis secara
independen dari bentuk, itu akan terbatas juga? Tidak, untuk itu mengandung dalam dirinya sendiri alasan untuk keterbatasan.
Sehingga, meskipun bentuk bersekutu dengan keterbatasan, Avencebrol cadangan kemungkinan berbicara tentang infinity bentuk.
Akhirnya kita beralih ke pertanyaan yang sulit
mengenai peran kemauan dalam penciptaan. Dari komentar dalam Mekor Hayyim,
Avencebrol ternyata baik menulis atau dimaksudkan untuk menulis sebuah risalah
terpisah pada ilahi akan, dalam hal apapun, gagasan kehendak memainkan peran
sentral dalam bukunya kosmogoni. Dia mengemukakan doktrin ilahi kehendak
(voluntas) baik sebagai kreatif dan akhir persatuan, keduanya asal dari keragaman dan
belum sendiri satu (McGinn 1992, hal 87.). Will adalah media yang diperlukan
antara Allah dan ciptaan. Akan digambarkan sebagai baik identik dengan kecerdasan
ilahi atau esensi, dan sebagai kreatif produktif bentuk universal dan materi, meskipun
dalam beberapa konteks itu produktif bentuk saja. Dalam kasus yang pertama
tidak aktif, dan identik dengan kecerdasan ilahi, dalam
kasus terakhir, itu terbatas dan tidak identik dengan ilahi esensi (alia ab bahan penting). Dari kehendak Allah sebagai kegiatan
yang menciptakan segala sesuatu. Dengan demikian akan adalah baik untuk bersatu dan terpisah dari kesatuan mutlak Allah (MH 5.
37). Pertanyaannya, kemudian, adalah bagaimana
memahami hubungan yang ada antara esensi Allah SWT dan kehendak Tuhan ketika akan aktif. Apakah akan sebuah hypostasis
terpisah dari Tuhan, atau apakah itu memperoleh makhluk sendiri? Dengan kata lain, adalah kehendak atau kecerdasan
superior? Sejumlah ulama berpendapat bahwa untuk Avencebrol, Allah akan lebih
unggul intelek, menghasilkan radikal kerelawanan. Schlanger pergi sejauh untuk menunjukkan bahwa Tuhan akan berbeda dari
esensi Allah sebagai independen, otonom entitas (Schlanger 1968, hlm 277-8).
Kegiatan adalah apa account untuk perbedaan antara keinginan dan esensi ilahi.
Tapi karena kemauan itu sendiri istirahat, bagaimana cara melintasi segala sesuatu dan menjadi gerakan? Avencebrol
menjawab bahwa Masalah ini berada di luar penelitian kami,
karena itu adalah salah satu yang paling sulit dalam pemahaman kemauan. Tapi yang harus diketahui adalah bahwa kehendak menembus segala
sesuatu tanpa gerakan dan bertindak dalam segala hal, di luar waktu,
dengan kekuatan besar dan kesatuannya. Dan jika ingin memahami ini lebih mudah, pikirkan tindakan dari intelek dan jiwa tanpa gerakan dan di luar waktu, dan mewakili diri sendiri difusi, cahaya yang tiba-tiba,
tanpa gerakan
dan saat ini waktu. (MH 5. 39) Mencerminkan perbedaan dibahas sebelumnya sehubungan dengan materi dan bentuk, Pembahasan Avencebrol tentang kehendak demikian penuh dengan ketegangan, ketegangan ini bergaung dalam bukunya diskusi penciptaan serta. Sekali lagi, pertanyaannya adalah apakah konsepnya mengenai aturan akan keluar sebuah emanationism standar Neoplatonis. Seperti yang kita telah disebutkan di atas, dalam puisi Keter Malkhut (KM), kebijaksanaan (Hokhmah) dan akan (Hefez) adalah hipotesa yang jelas: "Engkau bijaksana, dan dari kebijaksanaan-Mu Engkau memancarkan yang ditakdirkan akan (Hefez mezuman) dan membuat sebagai seorang seniman dan pengrajin untuk menarik aliran yang dari kehampaan "(KM IX). Dalam hal ini kerja, maka, Avencebrol muncul untuk mendalilkan ciptaan sukarela dari ketiadaan. Namun dalam Mekor Hayyim, hal-hal yang kurang jelas. Dalam beberapa bagian ia menunjukkan penciptaan yang terjadi di luar waktu. "Hal ini diperlukan bahwa Penulis Pertama mencapai pekerjaan di luar waktu" (MH 3. 4).
dan saat ini waktu. (MH 5. 39) Mencerminkan perbedaan dibahas sebelumnya sehubungan dengan materi dan bentuk, Pembahasan Avencebrol tentang kehendak demikian penuh dengan ketegangan, ketegangan ini bergaung dalam bukunya diskusi penciptaan serta. Sekali lagi, pertanyaannya adalah apakah konsepnya mengenai aturan akan keluar sebuah emanationism standar Neoplatonis. Seperti yang kita telah disebutkan di atas, dalam puisi Keter Malkhut (KM), kebijaksanaan (Hokhmah) dan akan (Hefez) adalah hipotesa yang jelas: "Engkau bijaksana, dan dari kebijaksanaan-Mu Engkau memancarkan yang ditakdirkan akan (Hefez mezuman) dan membuat sebagai seorang seniman dan pengrajin untuk menarik aliran yang dari kehampaan "(KM IX). Dalam hal ini kerja, maka, Avencebrol muncul untuk mendalilkan ciptaan sukarela dari ketiadaan. Namun dalam Mekor Hayyim, hal-hal yang kurang jelas. Dalam beberapa bagian ia menunjukkan penciptaan yang terjadi di luar waktu. "Hal ini diperlukan bahwa Penulis Pertama mencapai pekerjaan di luar waktu" (MH 3. 4).
Berbicara tentang zat sederhana dan tindakan
mereka, katanya, "Betapa lebih besar harus menjadi kekuatan Allah yang
menembus segala sesuatu, ada dalam segala hal dan tindakan pada semua hal di luar waktu "(MH 3. 15). Berbicara tentang perbedaan antara
materi dan kemauan, ia mengatakan bahwa kehendak bertindak di luar
waktu, tanpa gerakan. Artinya, aksi akan memiliki untuk efek zat sederhana,
yang berada di luar waktu, sedangkan zat sederhana memiliki efek untuk zat
korporeal yang pada waktunya. "Yang akan menghasilkan luar saat ini dalam hal dan intelijen, artinya menghasilkan bentuk universal
yang menopang semua bentuk "(MH 5. 37). Tapi
di bagian lain (MH 5 41,. 43) ia menjelaskan penciptaan sebagai emanasi yang diperlukan. Sebagai jawaban atas pertanyaan apakah materi dan bentuk yang kekal atau
tidak, Avencebrol memberikan respon ambivalen: "masalah materi dari
non-materi dan bentuk dari non-form" (MH 4. 15). Ketika menggambarkan kerinduan materi, ia berpendapat bahwa sejauh
hal itu dibuat kehilangan bentuk, sekarang merindukan
pemenuhan (MH 5. 32). Namun, dalam konteks lain, ia menegaskan bahwa materi subsists bahkan tidak untuk sesaat tanpa bentuk
(MH 5. 42). Di kasus yang terakhir ini, materi adalah dan
selalu telah bersatu dengan bentuk. Selain itu, dia menawarkan dua rekening sebenarnya proses penciptaan. Menurut MH 5. 42, hal yang universal
datang dari esensi Tuhan, dan bentuk dari kehendak
ilahi, sedangkan menurut MH 5. 36-8, keduanya diciptakan oleh kehendak ilahi.
Seperti dalam teks standar Neoplatonic, tujuan
akhir dari eksistensi manusia adalah kembalinya dari jiwa ke sumbernya. Avencebrol memodifikasi gambar standar dengan
mengklaim bahwa ketika jiwa menempel pada kehendak, ia kembali ke
dunia intelek dan dengan demikian mencapai sumber kehidupan. "Intelek Anda harus membedakan dengan jelas masalah
dari bentuk, bentuk dari akan, dan akan dari gerakan. Karena jika Anda
melakukan hal ini, jiwamu akan dimurnikan, dan Anda intelek akan tercerahkan dan akan menembus dunia intelek "(MH 5. 43). Agar untuk mencapai tingkat kesempurnaan, manusia harus menjauhkan diri dari
hal-hal yang masuk akal dan menyerahkan diri kepada Allah. Hanya
dengan memutar dari keberadaan materi terhadap kehendak adalah kesempurnaan spiritual tercapai. Kita tidak bisa membantu tetapi perhatikan
bahwa hylomorphism begitu hati-hati digambarkan dalam ontologi Avencebrol ini
adalah menyisihkan dalam usahanya untuk mencapai kesempurnaan manusia. Dari
sinopsis singkat Mekor Hayyim, jelas bahwa Avencebrol kosmologi berbeda dari Neoplatonisme Muslim standar dalam dua hal penting: dalam konsep
bentuk dan materi, dan dalam pandangannya kehendak. Dalam
konsepsinya tentang materi, Avencebrol telah dimasukkan baik baik Aristotelian dan Stoic elemen, yang terakhir mungkin dari memiliki
membaca Galen. Telah menyarankan bahwa gagasan materi spiritual
mungkin telah dipengaruhi oleh unsur-unsur Proclus 'Teologi. Berbeda
Avencebrol, bagaimanapun, Proclus tidak mempertahankan bahwa bentuk universal
dan materi adalah zat sederhana pertama setelah
Allah dan akal.
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Di Eropah, banyak negara di sana mencatatkan Islam sebagai agama paling
besar selepas agama Kristian, termasuklah di Itali, Sweden, Perancis dan
Jerman. Kawasan Islam
yang dekat dengan Eropah ialah Sepanyol. Di sini
perkembangan intelek juga berlaku dengan pesat. Di antara pertengahan abad ke-8 dan permulaan abad ke-13, orang Arab
merupakan pemimpin utama dalam budaya dan peradaban di seluruh dunia. Kedua-dua
bidang ini merupakan perantara untuk memulih, menambah dan menyebar sains dan
falsafah kuno yang telah memungkinkan pembaharuan di Eropah Barat.
Dia adalah penyair
Ibrani besar dan filsuf yang lahir di Malaga, Spanyol, sekitar tahun 1021-1058, dan meninggal di Valencia, Spanyol, pada usia 36 atau 37. Hidup selama puncak pemerintahan Arab di selatan Spanyol, Avencebrol, juga
dikenal sebagai Avicebron, dan dalam bahasa Arab sebagai Salomo Ibnu Gabirol.
Avencebrol berkembang
mewakili kehidupan intelektual Yahudi di Andalusia di bawah pemerintahan kekhalifahan Umayyah. Banyak dari karyanya ditulis dalam bahasa Arab,
dan banyak ide-ide dan gaya puitisnya yang
mencerminkan komponen intelektual. Kehidupan Avencebrol yang dapat diketahui sangat sedikit, dari puisinya dapat
menyimpulkan bahwa ia menjadi yatim piatu saat
usia muda.
Bahasa Ibrani yang luar biasa, seperti yang
tercermin dalam puisi Anak. Selain itu, ia menulis banyak elegi, puisi cinta, dan panegyrics.
Yang cukup menarik, Avencebrol mengatakan sedikit tentang
infinity itu sendiri, melainkan mencurahkan jauh lebih banyak waktu untuk kehendak ilahi, yang berada dalam lingkup
perantara antara keterbatasan dan tak terhingga: yang terbatas dan tak terbatas
berpotongan dalam kehendak. Pada bagian III ia menawarkan lima puluh enam
argumen untuk menunjukkan keberadaan zat perantara
antara Allah dan substansi.
DAFTAR PUSTAKA
Baümker, Clemens, ed. (1.892-5), Avencebrolis
Fons Vitae ex Arabico di Latinum translatus ab Johanne Hispano et Dominico Gundissalino, Beiträge zur Geschichte der Philosophie
des Mittelalters 1/2-4,Münster: Aschendorff.
Cohen, A. (1925), Pilihan Salomo Ibnu Gabirol
tentang Mutiara, New York: Bloch Publishing Co Blaustein,
Jacob (1926), Sefer Mekor Hayyim (transitif
dalam bahasa Ibrani), Tel-Aviv: Mossad Ha-Rav Kook.
Jarden, Dov (1.971-3), Shirey ha-le-qodesh
ribbi shelomoh 'ibn gabirol im perush, Yerusalem: Jarden. - (1.975-6),
Lewis, Bernard, trans. (1961), The Crown
Kingly, London: Valentine, Mitchell.
Munk, Salomon (1.857-9), "Liqqutim min
ha-Sefer Makor Hayyim," di Mélanges de Philosophie Juiveet Arabe, Paris:
A. Frank.
Sekunder sumber Brunner, F. (1980), "La doktrin de la matière chez Avicébron,"
cetak ulang. Stephen T. di Katz, ed, Yahudi.
Shirey ha-hol le-ribbi shelomoh 'ibn gabirol
im perush, Yerusalem: Jarden.
Wise, Stephen S., trans. (1901), Tikkun Middot
ha-nefesh (Peningkatan Kualitas Moral). Baru York: Columbia University Press.
[1]
Mausû'ah Al-Yahûd. Jilid III. Hlm. 408. (Al-Masiri, Abdul Wahhab. 2005. Mausû'ah Al-Yahûd wa Al-Yahûdiyah wa
Ash-Shahyûniyah. al-mostafa.com).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar